Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Peran Penting Pers Menjelang Pilkada Bengkulu 2020

Bengkulu – Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Bengkulu Dr Rahimandani mengatakan menjelang perhelatan demokrasi pemilihan umum kepala daerah di Provinsi Bengkulu, pada tahun 2020, peran pers sangat penting

Pers sebagai pilar keempat demokrasi, memiliki peran strategis dalam mensukseskan pilkada 2020 nanti. Rahimandani berharap, pada pilkada nanti, semua unsur pers dapat berperan secara profesional dan proporsional.

“Pers memiliki fungsi penyampai informasi bagi masyarakat, fungsi edukasi dan juga kontrol sosial. Untuk itu dalam pilkada ini, bahkan menjelang pelaksanaannya, peran pers sangat dibutuhkan oleh masyarakat, salah satunya bagaimana menyampaikan pesan-pesan politik yang akurat, kredibel dan jauh dari hoaks,” ujar Rahimandani, Sabtu (14/9/19).

Mengapa penting? Lanjut Rahimandani, tidak bisa dipungkiri masing-masing kontestan membutuhkan populeritas dan pencitraan.

Disamping itu, pers juga harus berfungsi dengan baik melalui uji informasi sesuai kode etik jurnalistik.

“Boleh saja kita memberitakan kontestan pilkada, namun informasinya harus akurat dan berdasarkan data serta fakta, bukan pencitraan palsu dan mengada-ngadakan,” pungkasnya.

Fungsi lain pers dalam pilkada juga menjaga kearifan lokal dan menciptakan situasi aman dan damai.

“Pers jangan melakukan provokasi dan agitasi, pers harus menyampaikan informasi politik yang mengedukasi, Bengkulu ini adalah daerah kita, menjadi tugas semua elemen masyarakat termasuk juga pers untuk menjaga stabilitasnya,” ujarnya.

Sementara terkait fungsi bisnis, Rahimandani berharap semua media dapat memanfaatkan momen politik pilkada nanti secara profesional.

“Silahkan teman-teman mempromosikan kandidat agar dikenal oleh masyarakat, sampaikan informasi secara edukatif dan berdasarkan fakta serta data, media juga memiliki fungsi bisnis dengan memuat konten berbayar,” imbuh mantan Sekjen Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah ini.

Penulis : Redaksi/SMSI Bengkulu

Baca Juga
Tinggalkan komen