Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Pemkot Terima Piagam Penghargaan WTP

Bengkulu – Atas keberhasilan Pemerintah Kota Bengkulu meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualiaan (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2018. Kementerian Keuangan RI, Senin (21/10/19) mengganjar Pemkot dengan piagam penghargaan atas torehan prestasi Opini WTP tersebut.

Piagam perhargaan tersebut disampaikan oleh Kepala Kanwil Dirjen Perbendaharaan Ismed Saputra, SE, MM. Piagam penghargaan diterima Walikota Bengkulu Helmi Hasan yang diwakili oleh Wakil Walikota Bengkulu, Dedi Wahyudi.

Dirjen Perbendaharahaan Kanwil Provinsi Bengkulu, Ismed Saputra menyampaikan, selamat atas prestasi yang diraih Pemkot Bengkulu. Diharapkan, untuk ke depannya dapat terus menyempurnakan serta memperbaiki laporan keuangan tahunan Pemkot Bengkulu dan juga memberikan beberapa masukan agar dapat diperbaiki ke depannya.

“Untuk mendapatkan penghargaan WTP harus memenuhi empat kriteria diantanya kesesuaian laporan dengan standart akutansi pemerintah, efektifitas penilaian internal, kecukupan pengungkapan informasi serta serta kepatuhan pada perundang-undangan. Penilaian inilah yang harus terus ditingkatkan dan dilakukan Pemkot meraih dan mempertahankan WTP,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Walikota Dedi Wahyudi, mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada Pemkot Bengkulu. Ini merupakan prestasi yang membanggakan sekaligus beban, terutama untuk mempertahankan predikat WTP ke depannya.

“Strategi ke depan untuk mempertahankan predikat WTP, Pemkot akan melakukan setiap pelaksanaan pemenuhan laporan keuangan sesuia rekomendasi serta saran dari BPK RI. Kalau sebelumnya beberapa bulan terakhir baru kita persiapkan laporan, sekarang kita harus persiapkan untuk mengantisipasi temuan-temuan yang merugikan,” terang Dedy.

Untuk diketahui, selain menerima piagam penghargaan atas prestasi tersebut Pemkot juga menerima Dana Insentif Daerah (DID), sebagai reward bagi daerah yang berhasil meraih predikat WTP.

Penulis : Yudi Arisandi

Baca Juga
Tinggalkan komen