Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

MoU dengan Kanwil Kemenag, Kapolda Bengkulu : Masih Ditemukan Paham Radikal

Bengkulu – Upaya untuk mencegah meluasnya paham radikal menjangkiti masyarakat Polda Bengkulu MoU dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu, Selasa (11/12/19 ).

Pendatanganan MoU ini langsung antara Kapolda Bengkulu Irjen Pol Drs. Supratman dengan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu H. Bustasar.

Dalam Sambutannya, Kapolda Bengkulu mengatakan bahwa di Provinsi Bengkulu masih ditemukan oknum yang terpapar hingga menganut paham radikal. Namun masih hanya sebatas perorangan.

Karena itu, kata Kapolda, jika tidak di lakukan penanggulangan dan penangkalan sejak dini, maka radikalisme tersebut terus berkembang sehingga dapat merusak keutuhan NKRI.

“Peran serta masyarakat sangat kami harapkan. Mulai dari RT, Kepala Kesa dan penyuluh Agama yang ada di masing-masing daerah. Untuk dapat bekerjasama memberikan informasi kalau ada orang yang mencurigakan dan menganut paham radikal. Sehingga dengan adanya pencegahan ini, tidak ada radikalisme di Bengkulu,” sampai Kapolda.

Disisi lain, Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, H. Bustasar mengatakan pihaknya memiliki kurang lebih 896 tenaga penyuluh agama di masing-masing desa. Dengan adanya kerjasama ini maka akan semakin meningkatkan koordinasi kepada aparat kepolisian untuk membina masyarakat memutus mata rantai kelompok-kelompok radikal di Provinsi Bengkulu.

β€œSaat ini belum ada ditemukan kelompok radikal di Bengkulu, sehingga diharapkan dengan kerjasama ini, Provinsi Bengkulu semakin aman dan damai serta masyarakat Bengkulu dapat hidup bersosialisasi untuk membangun provinsi Bengkulu yang lebih baik lagi,” pungkas Bustasar.

Penulis: Yudi Arisandi

Baca Juga
Tinggalkan komen