Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Lurah Tak Mampu Serap Dana Kelurahan Harus Siap Dirotasi

Bengkulu – Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi menegaskan akan merotasi lurah yang tidak mampu menyerap dan menggunakan dana kelurahan dengan baik. Sebaliknya, jika mampu, maka para lurah akan mendapat promosi jabatan.

“Terbukti, beberapa waktu lalu 4 Lurah di Kota Bengkulu diberikan promosi jabatan karena paling cepat serap menggunakan dana Kelurahan. Dan yang dianggap tidak mampu dalam menggunakan serap dana Kelurahan kita lakukan rotasikan dari jabatan Lurah,” kata Wawali, dalam rapat monitoring penggunaan dana kelurahan dengan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bengulu, Arif Gunadi, Senin (9/12/19).

Dalam kesempatan itu, Wawali Dedy Wahyudi memastikan penggunaan Dana Kelurahan berjalan lancar dan sukses. Dia mengatakan sementara ini dana kelurahan 95 persen berjalan sesuai mekanisme.

Sampai dengan saat ini, lanjut Dedy, dari kelurahan se-kota Bengkulu tidak ada persoalan dalam penyerapan dan penggunaan dana kelurahan. Hanya ada satu kelurahan yang mengembalikan dana tersebut. Itu dikarenakan, bangunan yang direncanakan adalah jembata. Sedangkan, kata Dedy, bangunan jembatan merupakan domain Dinas PUPR.

“Semua berjalan on the track. Hanya satu Kelurahan yang mengembalikan karena Kelurahan tersebut berencana bangun jembatan. Akan tetapi untuk jembatan itu domainnya lebih ke Dinas PUPR. Sebab bangun jembatan tersebut tidak cukup dengan dana kelurahan,” demikan Dedy.

Sementara, Kepala BPKAD, Arif Gunadi menjelaskan bahwa dari 67 kelurahan, ada sebanyak 24 kelurahan yang belum mengajukan pencairan dana kelurahan tahap kedua.

“Insya Allah sampai batas waktu pengajuan tanggal 15 Desember mendatang sudah terserap semua,” sampai Arif Gunadi.

Penulis : Imam Yusup/MC

Baca Juga
Tinggalkan komen