Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Irigasi Jebol, Puluhan Hektar Sawah Tidak Ditanami Padi

Rejang Lebong – Puluhan meter saluran irigasi sekunder Air Simpang di wilayah Desa Seguring, Kecamatan Curup Utara mengalami kerusakan dan tertutup longsor beberapa waktu lalu.

“Kerusakan diantaranya sepanjang 20 meter dinding irigasi jebol dan sepanjang 60 meter saluran tertimbun tanah,” kata Kades Seguring, Jumadi, Selasa (25/6/2019).

Padahal irigasi mengaliri lebih dari 50 hektar persawahan di Desa Seguring dan Kota Pagu, serta belasan hektar sawah tadah hujan yang resapanya dari Irigasi tersebut.

Pada musim tanam padi tahun ini dipastikan petani tidak bisa menanam padi karena minimnya pasikan air. Sebagian petani bertanam jagung karena tidak membutuhkan banyak air.

Jumadi, tidak mengetahui secara persis berapa alokasi anggaran untuk memperbaiki saluran tersebut. Tetapi diharapkan adanya penanganan secepatnya agar persawahan bisa dialiri kembali.

“Sudah diusulkan dan ditinjau oleh dinas terkait di Kabupaten Rejang Lebong, dan akan diusulkan diperbaiki serta model irigasi menggunakan saluran tertutup guna menghindari dari longsor susulan yang rawan di daerah tersebut,” tutup Jumadi.

Reporter : Dedi Rasyid

Baca Juga
Tinggalkan komen