Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Dukung Pemeliharaan Ekosistem Alam, TLB Tanam Ratusan Pohon Cemara

Perusahaan Tetap Berorientasi pada Perlindungan Lingkungan

Penanaman Cemara di Lokasi Pabrik TLB

Bengkulu – PT Tenaga Listrik Bengkulu (TLB) perusahaan pengelola Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) pertama berbahan bakar batubara di Provinsi Bengkulu mewujudkan komitmennya untuk turut serta menjaga kualitas lingkungan hidup, menjaga ekosistem alam dan mengurangi dampak kerusakan lingkungan.

Komitmen ini diimplementasikan TLB melalui penanaman 200 bibit pohon cemara laut di kawasan PLTU Bengkulu pada Sabtu (7/12/19) lalu. Sesuai dengan misi perusahaan yaitu “Membangun Energi Bersih, Menciptakan Pembangkit Ramah Lingkungan, Memberikan Pelayanan Kota-Kota Pintar”.

“Penting bagi kita untuk bersama-sama bertanggung jawab melakukan pelestarian hutan dan penghijauan dengan penanaman cemara laut di kawasan Teluk Sepang ini mengingat begitu pentingnya fungsi dan peran ekosistem, kami turut mendorong upaya-upaya pelestarian hutan
cemara laut guna menstabilkan kondisi lingkungan dan menyelamatkan habitat pesisir,” kata Manager PT. TLB, Abu Bakar, sebagaiman rilis yang masuk ke email redaksi, Rabu (11/12/19).

Lanjutnya, sebagai perusahaan yang bergerak di sektor energi dengan sebagian wilayah operasinya bersentuhan dengan pantai, PT TLB juga merasa ikut bertanggung jawab terhadap upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berada di sekitar wilayah operasi perusahaan.
Untuk itu, selain melakukan kegiatan peduli lingkungan, sebelumnya, PT TLB juga menunjukkan kepedulian ke masyarakat sekitar melalui program tanggung jawab sosial (CSR) Perseroan. Bentuk bantuan CSR yang disalurkan oleh perusahaan berupa peningkatan pendidikan, olahraga, budaya, dan kegiatan peduli masyarakat lainnya.

Bahkan selama pembangunan PLTU, perusahaan telah menyalurkan bantuan sosial di Kota Bengkulu kepada Panti Asuhan ZaamZaam sebanyak tiga kali dan Panti Asuhan Mandiri sebanyak dua kali.

Bentuk bantuan sosial lainnya yang dilakukan oleh perusahaan diantaranya membantu pembangunan fasilitas olahraga masyarakat serta menyumbangkan fasilitas pelatihan kepada klub sepak bola anak muda di sekitar lokasi pembangunan proyek PLTU Bengkulu.

Tidak hanya itu, perusahaan juga telah melakukan kegiatan sosial bersama dengan tim sukarelawan dari mahasiswa dan mengorganisasinya untuk kegiatan melindungi pantai serta melakukan tindakan perlindungan lingkungan dan memberikan bantuan darurat ke daerah-daerah
yang dilanda banjir pada 26 April 2019 lalu di Kota Bengkulu.

Sekilas Tentang Tenaga Listrik Bengkulu
PT Tenaga Listrik Bengkulu (TLB) merupakan sebuah perusahaan penyedia tenaga listrik berbahan bakar batu bara berkapasitas 2×100 MW yang berada di Teluk Sepang, Kota Bengkulu.

Merupakan bagian dari Program Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden No. 56/2018 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden No. 3/2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Bengkulu 2×100 MW ditargetkan beroperasi pada Kuartal I tahun 2020. Dalam perjanjian jual beli tenaga listrik (Power Purchase Agreement), pembangkit listrik berbahan bakar batu bara ini akan memasok listrik selama 25 tahun kepada
PLN Bengkulu.

Penulis : Redaksi/Rilis

Baca Juga
Tinggalkan komen