Bengkulu News #KitoNian

CBS Tetap Dilarang Buka Tambang

BENGKULU TENGAH – Meskipun sudah melakukan sosialisasi dan pertemuan dengan camat, kades serta masyarakat Kabupaten Bengkulu Tengah berapa bulan lalu, Tambang Batu Bara Citra Buana Soraya (CBS) tetap di tolak.

Hal ini diungapkan Sutan Ismael,Tokoh Masyarakat Desa Susup mengatakan bahwa masyarakt tetap menolak Tambang Batu Bara CBS yang rencananya akan membuka tambang tersebut karena sampai kini masalah yang terjadi dengan hukum belum jelas.

“Masalah yang lalu saja belum ada titik terangnya apalagi kini pihak CBS mau buka kembali tambang,” katanya, Rabu (18/7/2018).

“Kami dari masyarakat tetap menolak Tambang Batu Bara CBS melakukan aktifitas kembali karena pada prinsipnya jika Tambang itu tetap menggunakan sistem tambang bawah tanah,” ungkap Ismael.

Selain itu kata Ismael, jika mau buka kembali tambang itu harus Open fit (Tambang terbuka) bukan undergorund (tambang bawah tanah).

“Karena kalau tambang bawa tanah justru masyarakat yang banyak dirugikan dan dampaknya juga menimbulkan bencana jika itu dibiarkan,” jelasnya.

Sementara itu Ayutula Muktadin, Kepala Kesbangpol Kabupaten Bengkulu Tengah menyampaikan pihaknya sudah mengingatkan manajemen perusahaan CBS untuk tidak membuka tambang kembali. Ia khawatir, sikap tersebut akan mengundang reaksi keras dari warga setempat.

“Jika masih ngotot mau buka kembali akan berhadapan dengan masyarakat karena masyarakat menolak,” katanya.

[banner group='bawah-berita-1']
Baca Juga
Tinggalkan komen