Bengkulu #KitoNian

Bangunan Puluhan Miliar di IAIN Curup Mangkrak

Rejang Lebong – Pembangunan gedung pusat akademik di komplek IAIN Curup Kabupaten Rejang Lebong yang dianggarkan Rp26,74 miliar hampir setahun mangkrak terbengkalai.

Bangunan penting tersebut bersumber dari dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Kemenag RI, rencananya terdapat ruang pertemuan berkapasitas empat ribu tempat duduk, dengan tribun dan ruangan pelengkap lainnya atau akan lebih besar dari GOR Curup.

“Pembangunan gedung pada 2017, diluncurkan lagi pada 2018 dan masih tidak selesai,” kata Wakil Rektor II IAIN Curup, Hamengkubuwono, Selasa (10/12/19).

Lanjutnya, anggaran masih tersisa sekitar Rp17 miliar yang diharapkan untuk kelanjutan pada 2019, tetapi hingga 12 Februari atau perpanjangan 40 hari tidak terdapat pekerjaan dilapangan, sehingga disarankan oleh BPK untuk diputuskan mengingat akan terkena denda perhari.

Secara detail, Hamengkubuwono tidak bisa menjelaskan penyebab terhentinya pembangunan. Karena pada prosedurnya pihak Rektor hanya mengesahkan PPK, selanjutnya PPK menentukan siapa saja kontraktor pelaksana dan pengawas, secara teknis PPK yang lebih tahu.

Lokasi gedung tersebut berada disebrang Perpustakaan, saat ini sudah ditumbuhi rumput, pada bagian beton terlihat besi menonjol yang sudah berkarat serta terdapat tumpukan kayu sisa pembangunan.

“Berharap pembangunan akan dilanjutkan, tentunya ketika sudah memiliki status hukum jelas karena pihak Pokjanya sudah pernah dipanggil petugas penyidik,” tutupnya.

Penulis : Dedi Rasyid

Baca Juga
Tinggalkan komen